KARENA HIDUP BANYAK PILIHAN, PILIHLAH YANG TERBAIK

Menjalani kehidupan di dunia ini seringkali kita dihadapkan pada banyak pilihan. Baik itu dalam pekerjaan/karir, jodoh, studi, tempat tinggal, pilihan mau berbisnis atau bekerja, dan berbagai pilihan-pilihan lain dalam rutinitas kehidupan kita. Meskipun kadang kita juga mendengar ucapan dari orang-orang dari sekeliling kita atau bahkan dari diri kita sendiri “mau bagaimana lagi, karena tidak ada pilihan lain ya saya ambil saja.” Dimana posisi kita saat ini? Apakah banyak tawaran-tawaran bisnis yang harus diambil salah satu? Atau banyak pilihan-pilihan calon pendamping  hidup yang harus diambil salah satu atau justru tidak ada satupun pilihan calon pendamping hidup? Hwee. Itu semua perlu dicari solusinya.
Sahabat berkahberniaga.com,,,,  Sebetulnya bukan karena tidak ada pilihan lain, tapi karena kita seringkali membatasi diri, tidak mau tahu, atau bisa juga karena terlalu ideal sehingga pilihan-pilihan lain tidak bermunculan. Melontarkan suatu kalimat ketika menghadapi suatu masalah juga sebenarnya pilihan. Satu objek bisa disikapi dengan berbagai macam sikap. Kita bisa mengeluh, bisa bersabar, bisa juga bersyukur. Tergantung isi dan cara pandang kita masing-masing.
Beberapa hari yang lalu, di suatu malam sambil menikmati nasi goreng saya ngobrol dengan seorang kawan mengenai kehidupan ini . Dalam obrolan itu sempat terlontar kalimat “bahwa hidup ini pilihan.” Dari kalimat ini akhirnya kami berbicara banyak dan seorang kawan saya tadi menceritakan mengenai beberapa pilihan yang harus diambil salah satu. Pilihan-pilihan itu antara lain  apakah ia  mau tetap menekuni bisnis perak dan mendapat fasilitas sering diundang pameran-pameran, atau beralih ke profesi menjadi seorang editor buku. 2 pilihan ini saja perlu energi untuk memikirkan dan memutuskan, apalagi   kalau banyak pilihan. Tentu akan semakin menguras energi untuk menetukan yang terbaik. Pada akhirnya, seorang kawan saya tadi memilih untuk menjadi editor di suatu penerbit dengan alasan karena merasa passion nya di dunia tulis menulis. Meskipun pilihan ini juga menurutnya ada konsekuensi-konsekuensinya.
Sahabat berkahberniaga.com,,, dari obrolan tadi bisa diambil hikmah bahwa kita harus pandai-pandai memilih atas pilihan-pilihan yang dihadapi. Setidaknya ada 3 hal yang harus kita lakukan (khususnya dalam karir) sebelum memutuskan sesuatu. Pertama, renungkan apakah  pekerjaan ini benar-benar sesuai kemampuan dan bayangkan apakah kita bisa menikmati pekerjaannya atau tidak. Kedua, pekerjaan yang akan kita lakukan membawa manfaat bagi banyak orang atau tidak. Seandainya kita mengambil pilihan itu tapi akhirnya tidak bisa banyak membantu orang lain, sulit untuk meluangkan waktu bagi kegiatan di lingkungan rumah kita maka sebaiknya cari pilihan lain. Dan yang ketiga, yang sangat penting juga kita perlu melakukan shalat istiharoh dan memohon petunjuk pada Allah mengenai karir/bisnis yang terbaik.
Sahabat berniaga.com,,,, Salam Sukses BBM (Bahagia, Berkah, Manfaat)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Berkah Berniaga
Copyright © 2011. Berkah Berniaga - All Rights Reserved
Published by Berkah Berniaga
Proudly powered by Blogger