Ilmu dan Gerbang Kesuksesan

Ilmu merupakan gerbang kesuksesan. Demikianlah kalimat yang sederhana tapi sangat menginspirasi. Kalau kita renungkan, segala sesuatu yang akan kita lakukan memang perlu “diilmui”. Baik itu sesuatu yang besar maupun kecil semuanya harus ada ilmunya agar hasilnya maksimal. Demikian juga dalam melakukan bisnis, disamping modal keberanian ternyata modal ilmu juga menempati posisi yang sangat penting.
Sehari yang lalu saya kedatangan seorang sahabat. Dimana dia saat ini menjadi peternak lele yang cukup sukses di Banjarmasin. Menjelang lebaran ini, ia mudik ke kampung halamannya di Banjarnegara. Sebelum sampai di Banjarnegara, ia singgah terlebih dulu menemui saya  di Yogyakarta selama 2 hari 1 malam.
Ketika singgah, banyak hal yang diobrolkan termasuk masalah pekerjaan dan bisnis. Di tengah-tengah obrolan, dia menceritakan bahwa selain beternak lele, belum lama ini ia juga beternak bebek. Ia mencoba beternak bebek bukan tanpa lasan, melainkan ada beberapa hal yang mendorong ia akhirnya mencoba beternak bebek.
Alasan yang dikemukakan mengapa akhirnya mencoba beternak bebek antara lain : ia masih memiliki banyak waktu luang sehingga ingin memanfaatkan waktu yang ada. Alasan lain yaitu bahwa ia termotivasi oleh temannya yang katanya siap membeli bebeknya. Dan alasan yang terakhir, pada saat itu ia mempunyai modal yang cukup untuk memulai usaha ini.
Atas dasar alasan di atas, meskipun ia sebenarnya belum memiliki ilmu yang memadai  akhirnya ia mulai menginvestasikan dananya untuk membuat kandang, membeli bebek, pakan, dan segala keperluan lainnya.
Pada awalnya, bisnis ini berjalan cukup lancar dan teman yang menjanjikan untuk menampung bebeknya juga menepati janjinya.  Akan tetapi, belum sampai hitungan tahun bisnis ini sudah berhenti. Hal ini disebabkan karena teman yang biasa mengambil bebek ternyata tidak bisa melanjutkannya lagi dikarenakan sesuatu hal. Mulai saat itu, ia mencoba mencari pasar yang lain namun pada kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Sudah pasarannya sulit, ditambah permasalahan yang lain yaitu bebeknya tidak cepat berkembang yang menyebabkan biaya pengeluaran ternyata tidak sebanding dengan pemasukannya, maka akhirnya ia memutuskan untuk mengakhiri bisnis ini.
Sahabat berkahberniaga.com. Semoga akhir dari bisnis ini bukan isyarat “su’ul khatimah’ (akhir yang buruk). Hweee. Tapi semoga ini menjadi pelajaran yang sangat berharga. kita juga bisa mengambil pelajaran bahwa ilmu merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengantarkan kesuksesan. Apabila mencoba sesuatu dan belum sesuai dengan yang diharapkan, jangan beranggapan bahwa ini merupakan kegagalan. Yakinlah bahwa dibalik ini semua pasti ada pelajaran dan hikmah yang bisa kita petik. Barangkali saja Allah masih menginkan kita untuk berjuang lebih lagi dan melatih diri agar lebih sabar dan berilmu. Sahabat semua, bukankah pengalaman adalah guru terbaik?

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Berkah Berniaga
Copyright © 2011. Berkah Berniaga - All Rights Reserved
Published by Berkah Berniaga
Proudly powered by Blogger