BERAWAL DARI KONDISI EKONOMI YANG SERBA KEKURANGAN, SEKARANG MENJADI ORANG TERKAYA DI INDONESIA



Sahabat berkahberniaga.com yang semoga selalu dalam lindungan-Nya, tahukah anda siapakah yang saat ini tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia? apakah anda mengira bahwa orang tersebut berasal dari keturunan konglomerat? Apakah anda juga mengira bahwa waktu kecil ia adalah orang yang serba kecukupan dan keinginannya selalu tercapai? Untuk tahu jawabannya, mari kita sama-sama simak penjelasan di bawah ini. 
Orang Indonesia yang saat ini tercatat sebagai orang terkaya ternyata bernama Eka Tjipta Widjaja. Ia merupakan pendiri Grup Sinarmas. Kalau dalam tingkat dunia, Pak Eka Tjipta menempati posisi ke 142 dari 200 jajaran orang terkaya sedunia berdasar data dari Bloomberg Billionaires Index per 12 September 2013. Kekayaan pria kelahiran Coan Ciu China ini mencapai 8,4 miliar dollar AS. Kekayaan tersebut mengalahkan 2 bos Djarum (Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono).
Eka Tjipta merupakan Imigran asal China ke Indonesia. Ia memulai usahanya dengan menjual biskuit saat masih muda. Ia pindah ke Indonesia saat usianya masih sangat belia, yaitu umur 9 tahun.  Tepatnya tahun 1932 ia pindah ke Makassar dari China. Di Indonesia, Eka hanya mampu tamat sekolah dasar atau SD. Hal ini dikarenakan kondisi ekonominya yang serba kekurangan.  Untuk bisa pindah ke Indoneia aja, ia dan keluarganya harus berhutang ke rentenir dan dengan bunga yang tidak sedikit.
Kekayaan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh banyak manusia di bumi ini. Bolehkah kita juga ikut-ikutan ingin menjadi orang yang kaya atau bahkan ingin menjadi orang yang terkaya? Tentu saja boleh, asalkan niat untuk menjadi orang kaya juga dibarengi dengan niat mau menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan menggunakan kekayaan tersebut untuk berjuang di jalan Allah.
Mengapa harus diiringi dengan niat tersebut? Karena kalau hanya berniat mengumpul-ngumpulkan kekayaan maka kekayaan tersebut justru akan menjadikan kehidupan kita gersang, mengundang kedengkian dan kejahatan para tetangga dan orang-orang yang mengenal kita, menjadi malapetaka bagi kita, dan tentu saja di akhirat akan menyengsarakan ketika kita dihisab. Ingat! Bahwa harta yang kita miliki di dunia akan ditanya diperoleh dari mana dan digunakan untuk apa. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap harta yang kita miliki.
Dari kisah pak Eka tadi, kita juga dapat mengambil pelajaran bahwa orang yang ingin memperoleh kekayaan memang harus berusaha keras dan tidak boleh berputus asa. Kalau kita sebagai seorang muslim, tentu juga harus diiringi dengan do’a dan tawakkal kepada Allah. Meskipun berasal dari keluarga yang ekonominya sulit, kalau Allah sudah berkehendak maka tidak akan ada yang bisa menghalangi. Yang terpenting, kita berusaha maksimal dan berdo’a kepada Nya.
Sahabat berkahberniaga.com, ayo kita gapai kekayaan harta, tapi jangan lupa kekayaan hati juga perlu kita gapai. Artinya, cita-cita untuk menjadi orang kaya perlu diawalai dengan niat untuk mencari ridho Allah dan kalau Allah benar-benar menitipkan harta kepada kita, jangan sampai membuat penitip hartanya murka karena kita tidak amanah dan menggunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Nya.
Sahabat berkahberniaga.com, semoga kita selalu diberi kemudahan untuk menggapai cita-cita dan mendapat kemudahan serta kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin. 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Berkah Berniaga
Copyright © 2011. Berkah Berniaga - All Rights Reserved
Published by Berkah Berniaga
Proudly powered by Blogger