TERPENGARUH SITUASI DAN LINGKUNGAN KERJA


Hari sabtu kemarin, saya kedatangan seorang kawan yang sudah cukup lama tidak bertemu. Dalam obrolan ringan kami, dia bercerita bahwa di kantornya ia kadang direndahkan dan dianggap tidak mampu oleh atasannya. Demikian juga perilaku yang ia tunjukkan kepada bawahannya juga seringkali sama sebagaimana dia diperlakukan oleh atasannya. kawan saya ini marah-marah kepada bawahannya ketika ada pekerjaan yang kurang beres, merendahkan dan mengeluarkan kata-kata yang kurang enak didengar.

Mendengar ceritanya, lalau saya tanya "bukannya ente itu orang yang humoris brow... kok bisa seperti itu" ? dengan enteng ia menjawab bahwa itu semua terbawa situasi dan terpengaruh lingkungan kerja. Dia menekan bawahannya karena ia juga ditekan oleh atasannya. Dia tidak menjadi humoris lagi karena target-target pekerjaan yang menuntutnya. Bahkan ia bercerita bahwa efek negatif yang lebih parah lagi yaitu ketika ia berangkat dengan senyum tapi pulang kerja berubah menjadi wajah yang menggambarkan kesumpekan, dan inginnya marah-marah. Pernah suatu ketika istrinya memasak dengan masakan yang sederhana dan kurang ia suka. Spontan saja dengan kondisi yang capek bekerja dan terpengaruh dengan lingkungan kerja yang kurang mendukung, ia memarahi istrinya. Begitu dimarahi, ternyata istrinya tersinggung dan ngambek. Hingga akhirnya semalaman komunikasinya kurang baik dan keesokan harinya kawan saya ini berangkat kerjanya telat gara-gara membujuk istrinya untuk baikan lagi.

Sahabat semua, seringkali perilaku kita berubah drastis akibat salah lingkungan kerja. kalau berubahnya ke arah positif, tentu akan sangat bermanfaat. Akan tetapi, kalau berubahnya ke arah negatif, tentu akan membahayakan. Kalau kita menemukan situasi lingkungan kerja yang kurang mendukung dan berpengaruh terhadap perilaku yang lebih buruk, seharusnya kita tidak ikut-ikutan dan berusaha untuk mengubahnya. Tapi, untuk mengubah memang tidak mudah. Apalagi kita tidak punya kedudukan dan power di lingkungan kerja tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyertakan Allah dalam setiap perjuangan kita. Agar apa yang kita usahakan mendapat nilai di sisi Nya. Selain ikhtiar juga tetap selalu berdo'a memohon lingkungan yang baik.

semoga bermanfaat.

carica dieng|carica online| carica murah| carica wonosobo
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Berkah Berniaga
Copyright © 2011. Berkah Berniaga - All Rights Reserved
Published by Berkah Berniaga
Proudly powered by Blogger