Perbedaan dan Persamaan Antara Buah Carica dan Pepaya



Buah carica bentuknya mirip dengan pepaya. Meskipun mirip, antara pepaya dengan carica banyak memiliki perbedaan. Pepaya buahnya besar sedangkan carica buahnya kecil. Pepaya enak dimakan langsung tanpa diolah, sedangkan carica tidak enak dimakan langsung. Pepaya tidak ada aroma khasnya, sedangkan carica memiliki aroma khas. Pepaya bisa tumbuh di berbagai tempat, sedangkan carica hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng Wonosobo.

Selain perbedaan, ada juga persamaannya. Persamaan antara keduanya yaitu sama-sama berwarna hijau jika buah  tersebut belum matang. Sedangkan kalau sudah matang maka akan berwarna kuning. Bentuk pohon kedua buah tersebut juga hampir sama persis. Jika Anda belum pernah melihat pohon carica, maka ketika melihat untuk pertama kalinya bisa dipastikan akan mengira bahwa pohon tersebut merupakan pohon pepaya.

Bagi petani di Dieng, membudidayakan carica merupakan cara melestarikan kekhasan buah dari daerah tersebut. Dengan menanam carica, selain akan mendapatkan keuntungan finansial maka juga akan mendapatkan keuntungan alam yaitu tetap lestarinya buah khas dari dataran tinggi Dieng yang sudah dikenal oleh penduduk Indonesia bahkan luar negeri. Bagi para petani yang tidak tertarik untuk mengolah, maka biasanya akan menjual buah carica kepada pedagang atau produsen olahan carica.

Anda tentu penasaran dan tertarik dengan buah carica yang sudah diolah menjadi manisan atau minuman kan? Jika Anda pergi ke Dieng, maka bisa melihat dan merasakan carica yang sudah diolah. Akan tetapi jika Anda belum berkesempatan ke Dieng, maka tetap bisa merasakan manis dan khasnya dari manisan carica. Caranya bagaimana? Anda bisa menghubungi kami dan memesan manisan carica dieng kepada kami yang sudah cukup lama dalam menjual manisan carica dieng.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Berkah Berniaga
Copyright © 2011. Berkah Berniaga - All Rights Reserved
Published by Berkah Berniaga
Proudly powered by Blogger